Rabu, 06 Mei 2009

Ady Mengkara, Derita Absen Pertama


Bila nanti anda ingin memberi nama pada anak anda, sebaiknya baca dulu tulisan berikut ini. Paling tidak anda bisa belajar dari pengalaman-pengalaman mereka ini. Tersebutlah seseorang yang bernama Ady Mengkara. Inilah kisah tragis dari Ady Mengkara alias Amenk. Di 4th ia adalah pemegang sah absen pertama. Dan itu adalah suatu kebanggaan tentunya. Tapi, ibarat pepatah karena nila setitik rusak susu sebelanga. Segala kebanggaan tersebut akan berbalik menjadi teror karena secuil masalah. Terserah pepatahnya nyambung ato ga, EGP. Kebanggaan karena pemegang urutan absen pertama seakan tidak berarti bila mengikuti pelajaran-pelajaran yang menjadi momok bagi anggota 4th pada umumnya. Pelajaran-pelajaran apakah itu?. Salah satunya sudah pasti dengan jelas tanpa ragu dan mutlak dengan yakin pula, adalah pelajaran kimia. OHaaaaa.. OHaaaaaa…

Di 4th, pelajaran kimia di sekolah diberikan oleh Bapak Ali Hadi. Jadi Pak Ali ini mempunyai kebiasaan memberikan pertanyaan kepada siswanya. Dan siswa yang beruntung diberikan kehormatan untuk menyelesaikan soal pertanyaan tersebut ke depan kelas. Dan kebiasaan Pak Ali ini adalah menunjuk siswa dari urutan absen. Ketebaklah bahwa Amenk yang sering ditunjuk duluan untuk maju. Hal ini terus berulang secara periodik. Jadi bila udah masuk pelajaran kimia dan melihat Pak Ali udah menggenggam absen, mulailah Si Amenk krasak-krusuk kesana kemari ga karuan. Keringat dingin udah mulai keluar dari semua celah tubuhnya. Ntah ia gugup ato takut ato gembira, ga jelaslah pokoknya. Sebenarnya teman-teman yang lainnya juga gemetaran ketakutan, takut-takut nama mereka juga dipanggil. Tapi setidaknya mereka akan merasa lebih aman bila ada Amenk.

Lalu majulah Amenk di depan kelas dengan PD. Maksudnya bukan Percaya Diri tapi Penuh Depresi. Sementara Amenk sibuk sendiri di depan kelas mengerjakan soalnya, teman-teman yang lain tidak kalah sibuk bertanya jawabannya ke mereka-mereka yang lebih paham. Biasanya perhatian tertuju kepada Maxrizal, Dimaz, Dirgan, Ismi, dan Rica. Yup, mereka master-master kimia di 4th. Meskipun Pak Ali ini hobi memanggil berdasarkan urutan absen, ternyata ada pengecualian untuk Syahroni. Biarpun Syahroni adalah urutan ke-34, namanya juga terbilang cukup sering dipanggil Pak Ali. Ntah karena ia terlalu kalem atau emang ada hubungan emosional dengan Pak Ali. Dan jangan salah, misal menyebutkan tentang kimia dan Pak Ali, Syahroni adalah legenda hidup di 4th. Legenda hidup yang punya kenangan dengan Pak Ali saat di tunjuk ke depan (bagian ini di sensor).

Kembali ke Amenk tadi. Ternyata bukan hanya di kimia Si Amenk “menderita”. Di pelajaran Pak Suherwan ia juga primadona. Primadonanya Pak Suherwan. Setiap kali praktek olahraga, ia adalah yang pertama kali kena giliran. Pokonya kasian banget dengan Amenk. Jadi ga tega menceritakannya. Tapi tunggu dulu. Absen pertama juga tidak selamanya buruk. Ada sisi enaknya juga. Enaknya pas di asrama lagi pembagian jatah. Jatah sepatu, jatah seragam sekolah, jatah selimut, jatah, bantal. Mungki inilah penghibur untuk Amenk. Menk, legowo…… (by : x)

7 komentar:

  1. Hahaha... agik nk dak k meng.... hahaha,,

    BalasHapus
  2. hahahaahaaha.....ku lebih fokus ke abe'.............."ngerapik aja anda ini"
    (bener dk cem tu kte apk ali?)
    kwkwkwkwkwwkw......

    BalasHapus
  3. Tapi abe' gaya e cool, men amenk keliet kededeb e.. hohoho...

    BalasHapus
  4. ckckckckcckck.....asem ikak ok....



    ape gik ku duduk paling belakang....jadi ku bs ngliet mate2 jahat dari ikak2 sekaben....
    dgn kata2 di dlm hati "amenk, amenk, amenk,...."
    ape gik si nyok...duduk paling depan langsung reflek ningok keblakang,,, siape agik klok bukan ku yg diliet....sial....

    BalasHapus
  5. Hahaha.. Q nk ningok agk muka ki yg kededeb,menk..

    BalasHapus
  6. kalu dak salah Pak Ali ngomong ke Abe'
    "Tambah MANTAK".

    lengkep e q lupa.

    aan

    BalasHapus
  7. "Tambah mantak anda ini y..."

    getho....

    salut bwt abek...

    BalasHapus